Rayap menjadi salah satu hama yang paling dibenci untuk ditemui di rumah. Hal ini karena rayap sering merusak konstruksi rumah dan perabotan rumah.

Alhasil, konstruksi maupun perabotan yang ada di rumah menjadi tidak tahan lama. Khususnya bagi bagian yang berbahan kayu.

Tidak berbeda dengan hama lainnya, rayap ternyata memiliki banyak spesies. Terhitung terdapat 2.750 jenis rayap ada di seluruh dunia.

Dari total tersebut, hanya sedikit jenis rayap yang dianggap ‘hama’. karena tidak semua rayap langsung berinteraksi ataupun merugikan manusia.

Sebagai pengurai alami kayu dan dedaunan, rayap ini sering ditemukan pada daerah yang padat penduduknya. Dimana daerah tersebut sebelumnya merupakan hutan atau rawa-rawa tempat tinggal rayap.

Terdapat dua jenis rayap yang paling umum ditemukan merusak konstruksi maupun furniture dalam rumah, yakni rayap kayu dan rayap tanah.

Berikut perbedaan dari kedua jenis rayap ini.

Rayap Kayu

Jenis Rayap Kayu

Rayap kayu sering dijumpai di sekitar pesisir dan daerah lembap lainnya. Salah satu alasan mengapa mereka hidup di tempat dengan kelembapan tinggi tersebut adalah untuk mendapatkan air dengan mengekstraknya dari kayu.

Untuk koloni rayap kayu ini biasanya jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan rayap tanah. Karena mereka hidup sepenuhnya hanya pada kayu yang mereka makan saja.

Kebiasaan ini juga menjadi salah satu alasan yang membuat rayap jenis ini sulit untuk dideteksi sejak dini.

Habitat Rayap Kayu

Perbedaan yang jelas antara rayap kayu kering dan rayap tanah adalah pada habitat tempat tinggal mereka.

Terlihat dari namanya, bahwa rayap kayu hidup dan membangun sarangnya dalam sebuah struktur kayu.

Gejala Serangan Rayap Kayu

Gejala yang terlihat sebagai tanda bahwa rayap kayu menyerang adalah munculnya frass. Frass merupakan sampah atau kotoran dari rayap.

Berbeda dengan rayap tanah, rayap kayu tidak membuat terowongan. Mereka hanya fokus menggali kayu yang mereka konsumsi.

Sehingga kotoran tersebut akan mereka buang dengan membuat lubang kecil di kayu dan mendorong kotoran tersebut keluar sarang mereka.

Jika dilihat dari jauh, frass ini terlihat seperti serbuk gergaji. Namun jika dilihat lebih dekat, frass ini berbentuk butiran granular dan sering bervariasi dalam warna tergantung jenis kayu yang mereka konsumsi.

Rayap Tanah

Jenis Rayap Tanah

Rayap tanah merupakan spesies rayap yang paling umum ditemukan di seluruh dunia. Rayap ini dikenal karena kemampuannya dalam merusak struktur bangunan.

Rayap tanah ini hidup dari mengkonsumsi kayu yang lunak, dan cenderung membuat terowongan di sepanjang permukaan kayu yang mereka konsumsi.

Habitat Rayap Tanah

Sesuai dengan namanya, rayap tanah ini hidup dibawah tanah. Hal ini karena spesies rayap ini membutuhkan sumber kelembapan untuk dapat bertahan hidup.

Untuk menghubungkan daratan dan sarang didalam tanah, mereka membuat terowongan yang terbuat dari kotoran dan air liur mereka serta tetap menjaga sarang tersebut tetap lembap.

Jika tempat tersebut memiliki banyak air, rayap tanah ini mampu membangun sarang diatas tanah.

Gejala Serangan Rayap Tanah

Gejala utama yang mendakan serangan rayap tanah pada bangunan adalah adanya tabung lumpur yang rayap tanah ciptakan.

Tabung lumpur ini merupakan jalur yang rayap tanah gunakan untuk keluar dari tanah sebagai cara mencari makanan. Tabung lumpur ini berfungsi untuk menjaga lingkungan mereka tinggal tetap lembap. Selain itu membantu melindungi mereka dari pemangsa.

Tabung lumpur ini terbuat dari campuran tanah, kayu, air liur, dan kotoran rayap. Mereka berwarna coklat gelap dan sering ditemukan di sepanjang fondasi properti dan juga sepanjang sambungan lantai dalam gedung.

Jasa Anti Rayap Fumida

Jasa Anti Rayap

Menemukan gejala serangan rayap tentu bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan oleh banyak pemilik rumah. Biasanya sering kita temukan setelah ditemukannya kerusakan yang terjadi pada struktur bangunan maupun furniture yang ada di rumah.

Dalam hal ini, seorang ahli dibutuhkan untuk mengatasi masalah ini sebelum kerusakan terjadi semakin parah. Jasa Fumida bisa menjadi salah satu pilihan untuk Anda. Khususnya yang berada di daerah Malang dan sekitarnya.

Fumida merupakan jasa anti rayap malang, dimana Fumida ini sudah profesional dalam membasmi rayap dan mencegah mereka kembali lagi.

Dengan mengenal perbedaan antara rayap kayu dan rayap tanah, semoga mampu membantu kita dalam mendeteksi sejak dini masalah rayap ini. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here